Kurangnya kesadaran dalam membuang sampah

Lagi dan lagi, selalu kita meremehkan hal sekecil sampah. Slogan “buang lah sampah pada tempatnya” mungkin sudah bukan hal yang asing bagi kita, tapi masih banyak dari kita yang kurang memperdulikannya dengan membuang sampah sembarangan. Baik itu yang organik, ataupun yang non organik. Untuk sampah organik mungkin tidak akan terlalu menjadi masalah karena mudah untuk di uraikan, tapi apa yang terjadi dengan sampah non organik ? butuh setidaknya 30tahun dalam penguraiannya di dalam tanah untuk setiap 1 buah.
Terlebih lagi ketika menghadapi musim hujan seperti ini. Kegiatan sebelumnya seperti membuang sampah di sungai, membuang sampah di sembarangan jalan ataupun saluran-saluran air yang ada, kini terasa akibatnya. Mulai dari banjir, air yang menggenang, bahkan dari air yang menggenang tersebut menjadi sarang jentik nyamuk yang tentunya akan membawa berbagai penyakit. Sudah banyak berbagai cara di terapkan oleh pemerintah agar setiap masyarakat tetap menjaga kebersihan lingkungannya, terlebih lagi dalam hal membuang sampah. Namun kurangnya kesadaran bersama menjadi hal yang sulit di selesaikan. Dulu di kota Depok pernah di buatkan di sekitar jalan kartini hingga margonda beberapa buah tempat sampah unik di setiap pinggir jalan. Bentuknya seperti pohon yang telah di potong, dari keunikan bentuknya seperti itu, kesadaran akan pentingnya membuang sampah menjadi lebih tinggi. Namun sangat di sayangkan kini keberadaan tempat sampah unik tersebut sudah entah kemana, saya sendiri sudah jarang melewati jalan tersebut. Dari hal tersebut saya menyimpulkan bahwa kesadaran dalam membuang sampah mungkin akan meningkat apabila kita melakukan suatu inovasi-inovasi tertentu, bahkan dalam hal urusan bentuk dan letak tempat sampah itu sendiri.


Dengan tingginya kesadaran akan membuang sampah pada tempatnya pun juga pastinya akan kita rasakan sendiri, seperti tidak adanya banjir dan lainnya. Ketika lingkungan menjadi bersih pun hidup kita akan terasa lebih nyaman dan sehat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s