Kegagalan Timnas dengan manajemen PSSI

Minggu (26/12) Indonesia mengalami kekalahan pertamanya dalam ajang AFF Suzuki Cup. Kekalahan ini sangat mengejutkan para supporter dan warga Indonesia karena dalam laga-laga sebelumnya Indonesia dapat menyapu bersih lawan-lawannya dengan skor yang telak,bahkan menyingkirkan raksaksa asia tenggara,Thailand.

Kekalahan pertama dalam leg final pertama melawan Malaysia ini dituding beberapa pihak merupakan kesalahan dari manajemen PSSI yang buruk. Dalam hal ini salah satunya adalah politisasi yang dilakukan oleh PSSI saat membawa Timnas ke rumah Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie. PSSI pun juga membawa Timnas mengikuti doa bersama disebuah pesantren di Jakarta kurang dari 16 jam Tim akan bertanding. Hal ini dituding mempengaruhi konsentrasi Timnas menjelang laga final tersebut. Selain itu pengamat politik dari Charta Politika Yunarto Wijaya menilai kekalahan Timnas juga di akibatkan dari eksploitasi dari PSSI yang berlebihan terhadap media. Kekalahan ini juga membuat para supporter semakin geram dengan kepemimpinan Nurdin halid selaku ketua umum PSSI.

Namun dilain pihak banyak juga yang menyebutkan kekalahan Timnas juga bukan merupakan kesalahan dari PSSI. Banyak prestasi-prestasi yang sudah dicapai oleh Timnas, ini hanyalah masalah kurang beruntungnya Timnas karena dalam sepak bola apapun bisa terjadi, baik menang ataupun kalah. Walau Indonesia tidak dapat meraih juara, bisa dibilang Indonesia mendapatkan kekalahan terhormat, karena dalam leg kedua yang digelar di GBK, Indonesia bisa menaklukan Malaysia dengan skor 2-1. Ini bisa menjadi pelajaran bagi para pemain dan PSSI dalam mengatur ulang strategi serta pembinaan terhadap pemain bola di Indonesia.

Pemenang didalam pertandingan adalah mereka yang mau menjaga sportivitas dan mau mengakui kekalahannya. GARUDA DI DADAKU !!!!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s